Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Kamis, 01 Desember 2016

Mengapa Bus Trans Jakarta Sering Terbakar?

Kebakaran kembali terjadi pada bus Transjakarta. Sebuah bus gandeng Transjakarta terbakar di depan halte Badan Narkotika Nasional (BNN), Cawang, Jakarta Timur, pada hari ini Kamis tanggal 1 Desember 2016 sekitar pukul 17.50 WIB. 

Moda transportasi massal yang dibanggakan Pemprov DKI Jakarta ini ternyata seringkali terbakar. Lalu apa yang menyebabkan bus berbahan bakar gas itu mudah terbakar?

Menurut Kepala Badan  Layanan Umum (BLU) Transjakarta M Akbar, "Dari hasil penelitian yang kita lakukan penyebab kebakaran sebelum-sebelumnya adalah korsleting di perkabelan,". Apabila ada korsleting listrik maka akan timbul percikan api. Hal itulah yang kemudian membuat kendaraan rawan terbakar. (dikutip dari merdeka.com)

"Dan ini bukan hanya terjadi di kendaraan yang berbahan bakar gas, diesel pun demikian. Jadi ini tidak ada kaitannya dengan bus Transjakarta yang berbahan bakar gas," terangnya. (dikutip dari merdeka.com)

Selain itu, menurut Akbar terkadang timbul persepsi yang salah di masyarakat. Hal ini terjadi ketika bus Transjakarta mengeluarkan asap dan penumpang panik karena dikira kebakaran.

"Padahal itu bukan kebakaran, tetapi ada oli yang bocor lalu mengenai bagian mesin yang panas. Oli kena benda panas pasti akan mengeluarkan asap, tetapi ini bukan terbakar," terangnya.

Menurut admin seharusnya bus Trans Jakarta yang sudah tidak layak jalan jangan dioperasikan lagi, karena penumpang bus juga sangat tidak nyaman jika kendaraan publik ini sering kali terbakar dan membuat para penumpang takut. Pemerintah DKI Jakarta seharusnya memesan bus dari Karoseri dalam negeri saja, seperti Karoseri Laksana, Adi Putro, Rahayu Santosa, Morodadi Prima, dll. 

Menurut admin Karoseri dalam negeri kualitasnya juga tidak kalah jauh daripada bus merek Zhong Tong yang diimpor dari Cina yang sering terbakar. Pengusaha Otobus Indonesia saja memesan bus dari karoseri dalam negeri mengapa pemerintah membeli bus dari Cina yang kualitasnya sangat memperihatinkan???. Jika ingin membenahi transportasi umum seharusnya pemerintah lebih peka lagi agar kendaraan transportasi umum milik pemerintah lebih diperbaharui terus dan dirawat dengan baik agar membuat nyaman penumpang yang menaikinya. 





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengapa Bus Trans Jakarta Sering Terbakar?

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.