Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Rabu, 21 Desember 2016

Perusahaan Otobus Pertama Pembuat Klakson Telolet Yang Mendunia


Jika Anda membuka media sosial saat ini seperti facebook, twitter, BBM dan media sosial lainnya mungkin beranda Anda akan dipenuhi dengan status guyonan lucu 'om telolet om'. Sebagian mulai mengeluh 'Aduh apa sih!' tapi sebagian lagi ikut dalam keriangannya.

Jika Anda belum mengetahui mengenai apa arti, "Om Telolet Om" maka disini saya akan membahas mengenai telolet telolet. 'Om telolet om' adalah sebuah teriakan yang biasa diucapkan oleh anak-anak di pinggir jalan ketika sebuah bus melintas dengan harapan sopir akan membunyikan klakson yang unik. "Telolet Telolet," begitu bunyinya.

Dalam video-video yang memancing tawa, terlihat ekspresi kegembiraan tersendiri ketika Anda berhasil meminta supir membunyikan klakson dengan lambaian tangan dan teriakan, "Om telolet ommmmmm!" beramai-ramai. Hingga berita ini ditulis, 'om telolet om' sudah disebut 445.000 kali di Twitter (menjadi salah satu topik populer dunia) dan juga disinggung lebih dari 80.000 kali di Facebook.

Tapi bagaimana telolet ini bermula? Siapa yang bertanggung jawab atas kegaduhan ini? Zaenal Arifin dari Bismania Community mengatakan bahwa bunyi klakson telolet sudah mulai terdengar satu dekade lalu. Klakson itu tidak spesifik dimiliki oleh jenis bus tertentu, melainkan hasil modifikasi yang dilakukan Perusahaan Otobus.

"Awalnya tiga corong, kemudian ada yang empat corong (lubang suara angin), bahkan ada yang enam lubang yang kemudian bunyinya dimodifikasi sesuai kreativitas," katanya. "Konsepnya seperti nada dering monophonic ponsel, lagu-lagunya ondel-ondel, lagunya 'Jablay' Titi Kamal." Dia mengklaim bahwa kebiasaan meminta klakson itu dimulai dari kebiasaan para penggemar bus yang sering memotret bus. "Sebagai balasan, supir bis biasanya kasih dim atau kasih klakson." (BBC.com)

Perusahaan Otobus Efisiensi yang pertama mempopulerkan klakson telolet tersebut, kata Zaenal. Manajer Komersil PO Efisiensi Syukron Wahyudi menceritakan bahwa sekitar 10 tahun lalu pemiliknya, Teuku Eri Rubiansah, pergi ke Arab Saudi dan mendengar bunyi klakson yang unik. "Mendengar suara klakson di sana berbeda, dia memutuskan membeli untuk bisnya. Khususnya di bus reguler dari Cilacap Jogja, Purwokerto - Jogja, dan Purbalingga - Jogja."

Tapi awalnya klakson ini ternyata malah direspons negatif karena suaranya yang dinilai terlalu keras. Sampai-sampai, pihak Perusahaan Otobus meminta sopir-sopir mereka tidak membunyikan klakson itu di tempat-tempat tertentu karena masyarakat tidak terima dengan bunyi itu, cerita Syukron. "Mulai disukai tiga empat tahun terakhir karena mulai banyak Perusahaan Otobus yang juga menggunakan. Di beberapa daerah tertentu malah orang-orang minta klaksonnya dibunyikan. Kita merasa bangga juga, karena bisa dibilang kita yang pertama yang pakai klakson tiga corong."

Inilah yang membuat Telolet terkenal:

Penyanyi Luar Negeri Juga Meramaikan Om Telolet
Klub Sepak Bola Jerman FC Bayern Munchen Juga Penasaran Om Telolet
Pemain Bola Timnas Indonesia Juga Meramaikan Om Telolet
Micheal Ballack Juga Meramaikan Om Telolet
Pemain Liga Italia Yaitu Juventus Juga Meramaikan Telolet
Trending Topic Om Telolet
Cristiano Ronaldo Juga Ikut Meramaikan Om Telolet







Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perusahaan Otobus Pertama Pembuat Klakson Telolet Yang Mendunia

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.