Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Selasa, 13 September 2016

Scania Tampilan Baru Bus Transjakarta

Bus Transjakarta kini hadir dengan tampilan baru. Tak hanya berganti logo, warna bus yang dulu berwarna abu-abu dan merah berpadu warna orange, kini berganti warna biru muda dengan perpaduan warna putih. Gubenur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disebut Ahok mengatakan, pihaknya sekarang tidak mengandalkan bus merek China, namun memilih merek atau tipe Scania yang dibuat di Karoseri ternama yang berada di Ungaran yaitu karoseri Laksana. 

Bus Scania Euro 6 merupakan bus yang diimpor dari negara Swedia yang memiliki kualitas jauh diatas bus Zhongthong pendahulunya yang diimpor dari negara China. Bus ini menggunakan mesin Scania OC09 106 gas engine berkubikasi 9.300 cc. Power yang dihasilkan berada diangka 310 hp pada putaran 1600-1900 rpm dengan torsi sebesar 1500 Nm. Perubahan logo dan warna bus Transjakarta ini didasari oleh keinginan Pak Ahok untuk mengubah pikiran warga Jakarta mengenai bus Transjakarta. 

Jika selama ini bus Transjakarta dikenal sebagai bus dengan keadaan yang buruk, mengingat banyaknya kejadian terbakarnya bus dikarenakan konsleting arus sampai beberapa kali. Oleh karena itu Pak Ahok menciptakan kesan yang positif bagi bus Transjakarta. Usahanya ini dimulai dari perubahan penggantian produsen bus yang dahulu memesan dari negara China kemudian beralih ke Eropa.

Secara keseluruhan, tidak banyak perubahan yang dilakukan dari bus lama ke yang baru, Pada bagian dalam, bus Scania ini didominasi oleh kursi yang menghadap kedepan, berbeda dengan bus lama yang kursinya berhadap-hadapan. Bus ini juga dilengkapi dengan kamera CCTV yang letaknya berada di depan, tengah, dan belakang bus.

Inilah foto bus Transjakarta terbaru:

Tampilan Depan
Tampilan Depan Dan Samping
Tampilan Belakang dan Samping
Tampilan Depan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Scania Tampilan Baru Bus Transjakarta

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.