Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Sabtu, 08 April 2017

Evolander SHD Keluaran Terbaru New Armada di Pameran IIBT 2017

Perusahaan Karoseri di Indonesia saat ini sedang berlomba-lomba menciptakan desain terbaik untuk bus eksekutif. Karoseri New Armada kali ini telah menampilkan bus terbaru Evolander SHD, satu unit Minitrans (bus Transjakarta ukuran medium) dan satu truk Mitsubishi empat roda aplikasi boks yang minggu kemarin dipamerkan di acara IIBT 2017 di JIEXPO Kemayoran.

Dari tiga kendaraan ini, yang paling memancing perhatian pengunjung adalah bus Evolander SHD. Bus ini merupakan tipe bus besar terbaru dari Karoseri New Armada untuk memenuhi kebutuhan pengusaha transportasi, baik bus wisata maupun bus antarkota.

Tak cuma mewah dengan sederet fasilitas bintang lima, bus ini juga menawarkan fungsionalitas pada bagasi bagian dek bawah. Secara umum bus ini juga punya desain aerodinamis meski punya lantai yang tinggi untuk menunjang stabilitas saat melaju kencang. Evolander diposisikan sebagai bus premium dari karoseri ini. Ciri khas bus ini adalah lantai kabinnya yang dirancang tinggi. Nama SHD di bus ini merupakan kepanjangan dari Super High Deck (lantai super tinggi).

Salah satu staf pemasaran New Armada mengatakan bahwa bus ini merupakan generasi ketiga dari bus Evo, mulai dari EvoNext, EvoLander, dan yang terbaru EvoLander SHD.

Ciri khas dari Evolander SHD ini adalah lantai kabin yang tinggi membuat pandangan penumpang ke arah depan dan ke samping menjadi sangat lega, tidak ada efek 'tenggelam' saat duduk di kursi penumpang, dan kaca depan yang mengaplikasikan konsep double glass alias kaca ganda, bawah dan atas. Kedua kaca dipisahkan oleh pilar mendatar. Penggunaan kaca ganda ini mengikuti tren bus premium yang saat ini dipasarkan sejumlah karoseri ternama.

Nah selanjutnya mari kita simak bagian Interior dari bus terbaru Evolander SHD dari karoseri New Armada, magelang ini. Dinding di interior bus ini menggunakan material lapisan plastik ABS warna putih bersih untuk menghadirkan kesan lega. Sementara, lantainya (flooring) menggunakan aksen kayu. Konfigurasi bangku kelas eksekutif yang disusun 2-2 di baris kiri dan kanan dengan fitur reclining seat.

Bagasi atasnya masih menggunakan konsep terbuka, tanpa penutup, tanpa toilet serta smoking room. Duduk di kursi di kabin bus ini memang akan menawarkan sensasi perjalanan berbeda karena kabin terasa sangat roomy. Untuk kebutuhan hiburan di perjalanan, bus ini dilengkapi dengan televisi LCD dan audio berkualitas. Sistem pencahayaan kabin di bus ini menggunakan lampu LED bernuansa biru yang ditempatkan di langit-langit di atas kursi penumpang yang menyatu dengan AC.

Di bagian eksterior, headlamp bus ini mengadopsi teknologi LED untuk memberikan efek pencahayaan maksimal di malam hari plus foglamp model boomerang di bagian bumper. Ada tambahan lampu LED pada pilar horisontal yang memisahkan kaca atas dan kaca bawah bus. Headlamp berdesain oval. 

Sepasang spion di bus ini bisa diatur secara elektrik oleh pengemudi dari dasbor. Kaca depan bus double glass windshield dengan air damper. Kaca samping bus mengadopsi quarter glass windows, yang memberikan visibilitas ekstra buat penumpang di dalam kabin.

Di bagian belakang, stoplamp berdesain terbaru berteknologi LED yang menyambung antara stoplamp di kiri dan kanan. Kisi-kisi udara yang cukup banyak di back cowl dan kaca belakang berdesain diamond merupakan ciri karakter kuat Evolander SHD ini.

Menurut staf teknik Karoseri New Armada, kisi-kisi sengaja dibuat banyak dan berongga besar untuk memberikan efek penghawaan maksimal ke ruang mesin bus."Ini adalah sportline rear fin, desain kisi-kisi udaranya dibuat efisien untuk membuang panas berlebih dari kompartemen mesin," jelasnya. 

Karena bus ini lantainya dirancang sangat tinggi, bagasi samping bus ini memiliki volume sangat besar. Bahkan, bisa digunakan untuk menampung barang bawaan penumpang dengan dimensi besar, seperti sepeda motor. Untuk akses naik dan turun penumpang, bus ini dilengkapi dengan dua pintu yang ditempatkan di bagian depan dan belakang bus.

Isna, staf marketing Karoseri New Armada mengatakan, ini merupakan unit Evolander SHD pertama yang diproduksi karoserinya.
Bus ini dibangun menggunakan sasis Mercedes-Benz O500 R OH 1836 dengan suspensi udara pada kaki-kakinya untuk memberikan kenyamanan maksimal kepada penumpang.

Harga jual bus ini berikut sasisnya adalah Rp 1,925 juta. "Harga tersebut adalah harga bus saja, belum menghitung harga jok penumpang, unit AC dan audio-video," ungkap Isna.

Meski dalam pameran ini, bus yang didisplay menggunakan sasis Mercedes-Benz O500R OH 1836, konsumen atau peminat bisa menggunakan sasis tipe lain atau dari pabrikan lain. Harga bodi saja, Rp 425 juta.

Inilah foto bus Evolander SHD yang didapat dari facebook Karoseri New Armada:













Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Evolander SHD Keluaran Terbaru New Armada di Pameran IIBT 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.