Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Minggu, 14 Mei 2017

Perusahaan Otobus Lorena dan Perusahaan Otobus Karina Meluncurkan 12 Bus Double Decker


Perusahaan Otobus Lorena Transport dan Karina Transport yang berada dibawah bendera PT Eka Sari Lorena Transport, TBK meluncurkan 12 armada Bis Mercedes Benz 2542 Double Deckers (Bis Tingkat) diacara Gala Dinner “Mercedes Benz Commercial Exhibition”. Acara tersebut diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition(ICE) – BSD pada Jumat Malam, 5 Mei 2017 oleh Mercedes Benz Indonesia(MB-INA) sebagai pembuka acara pameran Mercedes Benz Commercial Vehicle yang dilaksanakan keesokan harinya.

Pada Gala Dinner tersebut, Managing Director Commercial Vehicle MB INA, Ralf Kraemer, secara resmi menyerahkan secara simbolis armada-armada bis Double Deckers milik Lorena Transport.Tbk dan Karina Transport tersebut kepada Bapak Dwi Rianta Soerbakti,MBA selaku Managing Director Lorena Transport.Tbk.

Keesokan harinya, Sabtu, 6 Mei 2017. Di acara pembukaan pameran Mercedes Benz Commercial Vehicle, Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan RI, Bapak Sugiharjo beserta Bapak Pudji Hartanto selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat RI dan Bapak I Gusti Putu Suryawirawan sebagai Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementrian Perindustrian RI juga secara simbolis menyerahkan 1 unit Armada Mercedes Benz 2542 Double Deckers milik Lorena Transport.Tbk kepada Bapak Dwi Rianta Soerbakti,MBA. Dalam pidato sambutannya, Bapak Sugiharjo selaku Sekjend Kemenhub RI mengapresiasi inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh Lorena Transport.Tbk dan Karina Transport dengan menggelontorkan bis-bis Double Deckers dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan tanpa mengenyampingkan faktor keamanan.


Peluncuran 12 bis Double Deckers tersebut merupakan “Era Baru” bagi Lorena –Karina dan Industri Transportasi Darat. Dengan menggunakan chassis Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dengan tiga(3) axle dan karoseri buatan Adiputro.

Bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 6x2 dibekali mesin OM 457 LA Euro 3 enam silinder segaris dengan injeksi bahan bakar langsung serta turbo charger dan intercooler. Mesin ini memiliki diameter langkah n128/155 mm dengan volume kubikasi mesin 11.867 cc. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 422 horse power pada 1900 rpm dan torsi maksimum 1900 Nm pada 1100 rpm.

Transmisinya sudah matik dan dipasok oleh ZF tipe ZF Ecolife 6 AP 2000 B/3/3.36-0.62 enam percepatan maju dengan primary retarder. Roda depan menggunakan suspensi udara dengan dua balon di masing-masing roda dengan dua double acting shock absorber dan stabilizer dan 1 penyetel level kontrol suspensinya. Roda belakang menggunakan 4 balon suspensi udara dengan empat acting shock absorber dan stabilizer dan 2 penyetel level kontrol suspensi. Rem utama menggunakan disc brake dengan full air braking system.

Rem parkir menggunakan pegas dengan kendali udara bertekanan penuh pada gandar belakang plus rem tambahan pada exhaust brake, constant throttle dan retarder.Fitur keamanan dan keselamatan terdiri dari EBS, ABS, ASR, ESP. Panjang total bus ini setelah dipasangi bodi karoseri mencapai 13,5 meter. Lorena – Karina akan menggunakan bis-bis tersebut untuk rute-rute ke Jawa yang dianggap potensial.


Lorena – Karina menggunakan chassis Mercedes Benz tipe terbaru dan menjadikannya sebagai Bis Double Deckers yang sangat mewah. Bis-bis tersebut dilengkapi TV di setiap bangku penumpang yang siap menayangkan puluhan film dan music, jenis bangku yang terbuat dari kulit dan dilengkapi sandaran kaki(leg rest), AC, Toilet, Water Dispenser dan Ruangan Merokok. Lorena – Karina berharap terobosan ini akan meningkatkan daya saing perseroan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan.

Kedepannya, Lorena Transport. Tbk yang didirikan oleh Bapak GT.Soerbakti dan merupakan Perusahaan bis Antar Kota Antar Propinsi pertama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan Kode ‘LRNA” ini akan terus mengembangkan konsep bis “Double Deckers” ini untuk melayani seluruh rute-rute potensial.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perusahaan Otobus Lorena dan Perusahaan Otobus Karina Meluncurkan 12 Bus Double Decker

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.