Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Selasa, 08 Mei 2018

Sejarah Berdirinya Perusahaan Otobus Scorpion Holiday

Perusahaan Otobus Scorpion Holidays dikenal dengan angkutan pariwisata yang memiliki karakterdari ciri khas tersendiri oleh masyarakat. Perusahaan Otobus yang berkantor pusat di Jalan Cempaka Nomor 69 Sasak Jarang, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi ini didirikan oleh Bapak Firman Fathul Rochman atau yang lebih dikenal dengan Om Enyon.

Pengalaman Om Enyon mendirikan Perusahaan Otobus Scorpion Holidays berawal dari nol. Berawal dari sopir bus selama 12 tahun di lima perusahaan otobus yang berbeda. Pertama Om Enyon bekerja dengan menjadi sopir di bus Mayasari Bakti jalur P6 Kampung Rambutan - Grogol pada tahun 1999 setelah lulus SMA. Kemudian pada awal tahun 2000 beliau pindah ke PO Primajasa selama 6 bulan, kemudian beliau pindah ke PO Lorena sampai tahun 2002. Di tahun 2002 terdapat masalah internal di Perusahaan Otobus tersebut yang salah satu penyebabnya terdapat pengalihan armada dan konflik antar crew masalah pembagian jadwal jalan ke barat dan ke timur. Pada saat itu Om Enyon memutuskan untuk keluar dari PO Lorena dan berpindah ke PO Harum.

Selama 2 tahun bekerja di PO Harum beliau berjalan dengan rute Bandung-Palembang-Pekanbaru. Kemudian tahun 2005 beliau merintis ke jalur Tangerang-Solo-Madiun. Saat bekerja di PO Harum beliau juga menyempatkan melanjutkan pendidikan di fakultas hukum pada sebuah universitas swasta. Pada tahun 2008 beliau berhasil menyelesaikan kuliahnya dan meraih gelar Sarjana Hukum.

Bus Pariwisata Scorpion Holidays berawal dari CV Pijar milik Ayah Om Enyon yang bergerak dibidang usaha perdagangan umum, karena beliau tertarik dengan hobynya dibidang pariwisata maka hoby tersebut dilanjutkan menjadi peluang usaha. Beliau pertama kali order yang diterima saat Mudik Bersama Indosat.

Pada tahun 2009 beliau menikah dengan Heni Maftuhah dan Perusahaannya diberi nama Scorpion 711 Holidays dengan Visi Misi sebagai berikut:  
  • Visi:
Menjadi penyedia layanan pariwisata terdepan dalam kualitas layanan dan armada di Indonesia dan juga menjadikan senyum diperjalanan, santun berwisata, dan sabar dalam menjalankan kegiatan adalah kepuasan anda bersama Scorpion Holidays.
  • Misi:
👉Menjadi penyedia layanan pariwisata yang senantiasa menyediakan kualitas layanan yang prima.
👉Menjadikan perjalanan pariwisata perjalanan yang menyenangkan.
👉Menjadi penyedia layanan pariwisata yang selalu mengedepankan kenyamanan dan keamanan            penumpang.
👉Menyediakan bus pariwisata yang nyaman, mewah dan aman dengan harga terjangkau.

Pendirian Perusahaan Otobus Scorpion Holidays diambil dari tanggal lahir kedua pasangan tersebut yaitu Om Enyon (27 November 1979) dan Heni Maftuhah (7 November 1983) yang identik dengan rasi bintang scorpion.

Awal berdiri PO Scorpion Holidays Om Enyon selalu mengurus sendiri semua perijinan sampai ke Dirjen. Dan salah satu persyaratan saat itu minimal harus menggunakan 5 travel pendamping. Karena waktu itu tidak ada rekanan maka beliau mengajak teman-teman di komunitas bus seperti Jakarta Bus Society atau Jakbus untuk menuliskan nama travelnya meskipun saat itu belum ada yang punya. Rasa empati juga diberikan kepada para karyawan yang sebagian di antaranya adalah teman beliau saat masih menjalani profesi sebagai sopir dulu. Om Enyon tahu betul kondisi mereka, bahkan perilaku dan kesenangan mereka. Namun dia tak membeda-bedakan dengan karyawan baru.


Om Enyon juga mewajibkan crew busnya agar beristirahat sejenak dan sholat di kala adzan berkumandang. Dengan cara seperti itu secara kejiwaan mereka akan merasa tenang karena selalu dekat dengan Tuhan dan ingat kepada keluarga. Om Enyon juga memasang ayat-ayat suci Al Qur’an di kaca depan busnya. Mengutip sebuah wasiat bijak, ‘Berdakwahlah walau satu ayat’, Enyon ingin mengajak semua orang untuk berbuat kebajikan, terutama para awak busnya.

“Kami juga meminta setiap karyawan untuk memberikan rekening bank istri mereka. Sebab, gaji mereka ditransfer ke istri. Bagaimana pun mereka berkerja mencari nafkah untuk istri atau keluarga mereka. Ini semua karena kami ingin menjadi sebuah keluarga besar,” kata Enyon. (dikutip dari otoniaga.com)

Manajemen empati ini telah berbuah manis. Tak ada intrik dan kata sirik di antara mereka. Pun tak ada cerita karyawan datang dan pergi di perusahaan ini karena tak betah. “Selama 12 tahun merasakan jadi sopir, harus pontang-panting pindah dari satu PO ke PO lain. Kadang tiga bulan tak punya duit. Itu menjadikan kepekaan serasa terasah. Karenanya dekat dengan mereka (karyawan) dan menjadi teman di kala mereka susah adalah hal yang bijak,” sebutnya. (dikutip dari otoniaga.com)

Kini Om Enyon telah memiliki tujuh unit bus pariwisata terdiri dari 3 Hino dan 4 Mercedes-Benz. Bus-bus ini kerap melayani pelanggan untuk berbagai kegiatan wisata dengan tujuan ke Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok. Selain melayani perjalanan wisata ziarah wali songo, juga melayani retret, mudik, acara keluarga, gathering, raker, training, hingga outbound.

Armada yang disediakan juga bervariasi. Ada yang menyediakan 30 kursi, 36 kursi, 42 kursi, 44 kursi dan 59 kursi. Menariknya, kapasitas kursi bisa diubah sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pelanggan. Bus Scorpion Holidays juga dilengkapi fasilitas Full AC, Full audio & video ( Double LCD TV,DVD,VCD & MP3), Recleaning Seatdi setiap bangku, Wifi, Dispenser, Cool Box, bahkan Charger plugin.

Inilah foto pendiri PO Scorpion Holidays:






Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Berdirinya Perusahaan Otobus Scorpion Holiday

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.