Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Sabtu, 23 Desember 2017

Sejarah Berdirinya Perusahaan Otobus Puspa Jaya

Perusahaan Otobus Puspa Jaya didirikan pada tanggal 31 Oktober 1980 oleh Bapak I Ketut Narya. Beliau merupakan seorang transmigran asal Bali yang ditempatkan di Provinsi Lampung. Perusahaan Otobus Puspa Jaya merupakan perusahaan keluarga yang dimulai dengan berusaha dibidang transportasi. Pada awal pendirian Bapak I Ketut Narya hanya bermodalkan satu unit bus untuk melayani trayek Banjit-Tanjung Karang dengan menggunakan nama Puspa Sari (belum Puspa Jaya) atas persetujuan PT Puspa Sari Denpasar.

Seiring dengan berjalannya waktu, usaha transportasi Beliau mendapat tanggapan positif dari masyarakat Lampung, sehingga perusahaannya dapat berkembang dengan sangat baik, dan usaha transportasi Beliau pun mengembangkan trayeknya sampai keluar provinsi. Pada tahun 1989 perusahaannya membuka trayek Lampung-Denpasar, hal tersebut dikarenakan permintaan konsumen yang merupakan trasmigran asal Pulau Bali yang ingin menggunakan jasa perusahaan untuk mengantarkan mereka berlibur ke kampung halaman.

Pada tahun 1992 kepemimpinan perusahaan diserahkan kepada Bapak I Ketut Pasek, alumni fakultas Teknik Universitas Gajah Mada yang merupakan anak dari Bapak I Ketut Narya. Pada saat itu perusahaan masih menggunakan nama PO Puspa Sari Denpasar. Kemudian pada tangal 31 Oktober 1992 perusahaan memisahkan diri dari PO Puspa Sari Denpasar dan membangun usaha mandiri dengan nama PO Puspa Jaya. 

Berkat ketekunan dan keuletannya, perusahaan Bapak I Ketut Narya dapat bertahan bahkan berkembang pesat terutama di Provinsi Lampung. Pada tahun 1994 armada bus mulai menggunakan AC untuk trayek Lampung-Denpasar. Pada tahun 2000 PO Puspa Jaya mulai membuka kelas eksekutif untuk trayek Lampung–Yogya-Solo-Wonogiri dan bus kelas Patas AC untuk trayek Lampung–Semarang–Solo–Ponorogo–Blitar.

Saat ini PO Puspa Jaya tidak hanya melayani trayek AKDP dan AKAP tetapi juga melayani Pariwisata dengan dibentuknya Divisi Pariwisata untuk memenuhi Permintaan konsumen. PO Puspa Jaya sekarang sudah memiliki 70 armada, baik bus besar maupun yang medium dan PO Puspa Jaya kabarnya akan terus memperbaharui dan menambah armada busnya.

Demikian sejarah singkat Perusahaan Otobus Puspa Jaya semoga dengan namnya yaitu Puspa Jaya akan semakin jaya terus dan semakin sukses.

Inilah beberapa foto bus Puspa Jaya:







Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Berdirinya Perusahaan Otobus Puspa Jaya

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.