Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Minggu, 29 Juli 2018

Sejarah Perusahaan Otobus Karya Jasa

Perusahaan Otobus Karya Jasa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang transportasi, awal mula berdiri mempunyai status badan hukum CV atau yang sering disebut Persekutuan Komanditer sebagai dasar landasan yuridis operasional. Perusahaan Otobus Karya Jasa berdiri pada bulan Februari 1990. Perusahaan Otobus ini beralamat di Jalan Jogokariyan Nomor 1 Yogyakarta, kode pos 55143.

Perusahaan Otobus Karya Jasa yang awalnya berusaha dibidang transportasi trus dirasa sangat kurang berkembang dikarenakan semakin banyaknya usaha yang bergerak dalam bidang tersebut, kemudian sebagai langkah antisipasi untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perusahaan mencoba untuk mencari satu terobosan yang dirasa tepat. Dalam waktu yang bersamaan muncul tawaran seseorang dari daerah Malang yang ingin menjual beberapa unit bus dengan harga yang relatif murah, dengan demikian perusahaan telah memperoleh alternatif jalan keluar dari permasalahan yang ada.

Kemudian Bapak Wibisono selaku manajer pelaksana berniat untuk menanggapi tawaran tersebut. Sebagai langkah awal yang ditempuh, beliau memutuskan menjual beberapa armada truknya untuk membeli beberapa unit bus yang ditawarkan. Namun kemudian terjadi perbedaan pendapat dalam tubuh organisasi. Setelah diadakan konsolidasi dan diberikan pengertian dengan disertai rincian finansial dan teknisnya, akhirnya para sekutu sebagai penyerta saham menyetujui kebijaksanaan yang ditempuh.

Dengan demikian usaha bidang transportasi truk secara resmi dihentikan kegiatannya tahun 1994. Usaha truk di sini tidak mutlak dihentikan tetapi perusahaan juga masih menjalankan dalam armada yang terbatas. Hal ini sengaja ditempuh agar tidak menghilangkan citra dan misi perusahaan yang telah dijalankan yaitu menyediakan layanan jasa transportasi.

Akhirnya perusahaan bersedia menerima tawaran untuk membeli beberapa unit bus dari Malang tersebut. Langkah berikutnya perusahaan melakukan perbaikan-perbaikan pada beberapa unit bus yang telah dibeli. Namun masalah yang dihadapi belum berakhir, kemudian perusahaan dihadapkan pada permasalahan lain yang sangat menentukan yaitu bus yang telah dibeli akan dipergunakan untuk angkutan reguler atau non-reguler.

Perusahaan memutuskan bahwa bus yang telah dibeli digunakan untuk angkutan non-reguler. Keputusan ini diambil berdasarkan beberapa pertimbangan dari sisi teknis maupun pemeliharaannya, sehingga bus-bus tersebut nantinya diharapkan akan dapat bertahan lama. Akhirnya pada pertengahan 1994 Karya Jasa secara operasional telah merubah atau alih profesi yaitu semula usaha truk ekspedisi transportasi barang menjadi usaha bus untuk melayani kepentingan jasa transportasi pariwisata.

Berdasarkan kronologis yang terjadi dapat dikatakan bahwa Karya Jasa dibentuk bukan karena adanya peluang pasar transportasi pariwisata. Hal ini terjadi memang secara kebetulan dan benar-benar terjadi di luar kendali perusahaan. Kemudian, perkembangan perusahaan telah menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan. Terbukti pada saat alih profesi, Karya Jasa semula hanya mempunyai 5 unit armada dan sekarang telah mampu menambah armada hingga lebih dari 60 unit. Dengan demikian dapat dilihat bahwa Karya Jasa telah mampu menunjukkan keberadaannya sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidangnya yaitu transportasi layanan pariwisata. Bagi yang minat menyewa bus ini dapat menghubungi nomor (0274) 378217, 386186, 417534, 414575, 082137189320, 087717766006.

Inilah foto bus Karya Jasa:















Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Perusahaan Otobus Karya Jasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.