Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Senin, 14 November 2016

Perusahaan Otobus Yang Menggunakan Chassis Mercedes Benz OC 500 RF Di Indonesia

Sejak pertama kali diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada September 2014 lalu di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakpus, bus premium double axle OC500 RF2542 dari Mercedes-Benz semakin diminati para operator bus di Indonesia.

Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini diimport dari Negara Spanyol dengan menggunakan mesin OM457LA yang jelas lebih kuat dan efisien jika digunakan untuk angkutan umum. Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dibekali dengan mesin turbo intercooler dengan output 11.967 CC menghasilkan daya sekitar 310 Kw (atau 422 HP) pada 2.000 RPM dan torsi tertinggi pada 1.900 Nm pada 1.100 RPM. Hebatnya lagi Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik dari mercedes benz yaitu: Disk Break, Electronic Stability Program (ESP) atau sistem anti-selip, Sistem pengereman elektronik (EBS), ABS (antilock Breaking System), Retarder untuk memastikan daya pengereman, dan  ASR Sistem pengereman. 

Untuk membuat kenyamanan penumpang juga turut diperhatikan oleh pihak Mercedes, Suspensi independen sudah disematkan pada as roda depan hal ini digunakan untuk memberikan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Poros roda belakang, bagian paling penting dari ini chassis bus baru ini karena sangat kuat untuk memastikan penggunaan yang tahan lama, dan memberikan pengalaman berkendara yang superior dan daya sistem pengereman maksimum. Yang menarik dari Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini adalah pada  poros roda ketiga yang dapat dikontrol baik untuk bergerak maju dan mundur, dengan sistem elektro hidrolik.

Perusahaan Otobus Marissa Holiday menambah armadanya dengan melakukan pemesanan satu unit sasis bus OC500 RF2542. Andrey Mulyana, owner PO Marissa Holiday mengatakan, sasis tersebut dipesan melalui diler resmi Mercedes-Benz di Bandung, PT Cipta Karya Pranata (CKP). Harga beli bus ini sekitar Rp 1,5 miliar off the road. Bus Mercedes-Benz OC500 RF2542 yang dipasarkan di Indonesia dirakit di pabrik Mercedes-Benz di Spanyol.

Saat ini, PT Mercedes-Benz Indonesia (MBINA) tercatat sebagai satu-satunya vendor bus yang sudah resmi memasarkan bus double axle di pasar Indonesia, dan menjadikan bus Mercedes-Benz OC500 RF2542 ini sebagai bus terpanjang di Indonesia karena dilihat dari dimensinya, dengan panjang keseluruhan mencapai 13-13,5 meter. Pasalnya, bus standar yang beredar di Indonesia saat ini memiliki panjang maksimal hanya 12 meter.

“Bus tangguh dari Mercedes-Benz ini dirancang dengan kualitas dan standar keselamatan tinggi. Dengan demikian akan memperkuat rasa percaya diri, tidak hanya bagi pemilik (operator bus), tetapi juga bagi seluruh penumpang,” ujar Dr. Claus Weidner, Presiden dan CEO Mercedes-Benz Indonesia saat memberi statement di acara peluncuran bus ini di IIMS 2014 lalu. 

Bus Mercedes-Benz OC500 RF2542 dibekali teknologi diesel direct injection turbocharge yang sudah dilengkapi intercooler, dengan tipe mesin OM457LA enam silinder segaris. Mesin ini dipadukan dengan transmisi 12-kecepatan maju otomatis, dan sistem manajemen mesin sepenuhnya dikendalikan secara elektronis.

Tenaga maksimum yang mampu disemburkan mesin ini mencapai 422 dk pada 1900 rpm, dengan torsi puncak hingga 1900 Nm. “Kami confident memilih sasis ini untuk memperkuat armada bus pariwisata kami karena sparepart ready. Soal dukungan sparepart, sejauh ini kami melihat Mercedes-Benz masih yang terbaik di Indonesia,” ujar Andrey Mulyana.

Saat ini, perusahaan otobus (PO) di Indonesia yang sudah mengoperasikan bus premium Mercedes-Benz OC500 RF2542 selain PO Marissa Holiday antara lain PO Pandawa 87, PO Kurnia, PO Sempati Star, PO Putra Pelangi, dan City Tour Trans Jakarta.

Inilah gambar busnya:
Putra Pelangi 

Marissa Holiday
Marissa Holiday
Marissa Holiday
Kurnia
Sempati Star
Sempati Star
Pandawa 87
Pandawa 87
City Tour Trans Jakarta
City Tour Trans Jakarta
Demikian informasi mengenai perusahaan otobus yang menggunakan chassis Mercedes Benz OC 500 RF Di Indonesia jika ada kesalahan dan kekurangan silakan comment saja. Terimakasih.










Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perusahaan Otobus Yang Menggunakan Chassis Mercedes Benz OC 500 RF Di Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.