Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Kamis, 10 November 2016

Marissa Holiday “Black Maroon” Scania K360IB

Armada spesial dan mewah yang telah disewa pada saat Jambore Nasional Bismania Community 2015 di Jepara 16-17 Mei 2015 salah satunya adalah PO Bus Marissa Holiday. Perusahaan otobus asal Cianjur, Jawa Barat ini akan membawa unit paling anyar dalam jajaran armadanya, yaitu “Black Maroon” Scania K360IB yang dimana liverynya spesial dibuat oleh Lautan Art Designwork.

Perusahaan Otobus Marissa Holiday didirikan oleh Bapak H. Rachmat Mulyana dan Ibu Hj Liza Paramita pada Tahun 2004. Armada pertama dari Marissa Holiday adalah Hino RG dengan bodi rancangan Karoseri ternama Karoseri Rahayu Santosa, Cibinong dengan model Evolution yang saat itu sedang booming.

Marissa Holiday dan Karoseri Rahayu Santosa merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan, Marissa Holiday merupakan pelanggan setia dari Karoseri ini, mulai dari model Evolution, Evo G, Evo C, New Celcius, Euroliner, Skyliner, dan New Skyliner. Untuk Skyliner, Marissa Holiday merupakan pemakai pertama dari produk ini. Dibeli dari pameran IIMS 2012 dengan chasis Mercedes Benz OH 1626. Dan New Skyliner “Black Maroon” yang akan dibawa saat Jambore Nasional Bismania Community 2015 di Jepara merupakan pemakai pertama model ini. Selain Karoseri Rahayu Santosa, Marissa Holiday merupakan pemakai dari produk dari Karoseri Adiputro. 

Marissa Holiday menggunakan banyak varian chasis untuk memenuhi kebutuhan dari konsumennya, tercatat dalam 38 unit armada Big Bus yang di miliki Marissa Holiday sampai sekarang ini, terdapat varian chasis Hino RG, Hino RK8, Hino RN285, Mercedes Benz OH 1526, Mercedes Benz OH 1626, Mercedes Benz OH 1836 O500R, dan Scania K360IB.

Warna merah marun yang menjadi warna dari Marissa Holiday, mulai digunakan sejak 2010 di armada Rahayu Santosa New Celcius MB OH 1526 atas permintaan dari Alm Hj Marissa Putri anak pertama dari owner Marissa Holiday. Ciri Khas lainnya, di setiap armada Marissa Holiday terdapat bunga dan kupu-kupu. Dan lebih uniknya lagi setiap armada memiliki bunganya masing-masing, jadi tidak sama disetiap armada. Selain itu terdapat gambar kura-kura disetiap armadanya, yang berarti harapan dari pemilik kepada PO Marissa Holiday agar berumur panjang.

Scania K360IB “Black Maroon” yang dilaunching pada bulan Januari 2015. Scania K360IB berkapasitas tangki bahan bakar sebesar 415 liter dibekali dengan mesin DC13 108 Euro III dengan kapasitas mesin 12.700 cc dilengkapi dengan Intercooler, SCANIA PDE injeksi, dan Udara bersih. Menghasilkan tenaga 360HP pada RPM 1900. Untuk unit ini menggunakan transmisi Comfort Shift dengan 8 percepatan (7 Maju + 1 Mundur). Untuk piranti kenyamanan, Scania K360IB menggunakan suspensi udara dimana poros depan diberikan 2 spring air suspension with anti roll bar and shock absorber dan di poros belakang diberikan 4 spring air suspension with anti roll bar and shock absorber, jadi total terdapat 6 buah balon suspensi udara di chasis Scania K360IB ini.

Scania K360IB ini juga dilengkapi dengan fasiliitas kneeling dimana untuk memudahkan keluar masuk kedalam bis. Scania membenamkan Piranti keselamatan kepada K360IB ini dengan rem cakram pada roda depan dan roda belakang, rem udara penuh dengan independen sirkuit pada sirkuit depan, belakang dan parkir. Untuk pengereman dikontrol secara elektronik dengan anti-lock brake system (ABS), Traction Control, dan asbestos-free lining brake. Untuk membantu pengereman, Retarder yang bisa di control secara otomatis dan manual dibenamkan pada unit Scania K360 IB.

Untuk urusan eksterior, model New Skyliner dari Karoseri Rahayu Santosa tidak diragukan lagi modelnya yang menarik dan pertama dipakai oleh PO Marissa Holiday. Bodi dengan tinggi 3.85 Meter ini dicat dengan warna dasar gradasi hitam dan merah marun, itulah mengapa disebut “Black Maroon”, dan terdapat kelir merah menyala yang menimbulkan kesan garang pada armada ini. Untuk bunga dan kupu-kupu juga tidak ketinggalan, terdapat pula sticker Griffin yang besar dibagian belakang bis dan sticker inisial “DRE” diambil dari nama Andrey Mulyana yang merupakan owner dari PO Marissa Holiday. Bagian kaki-kaki pun diberikan velg Alcoa Aluminum Wheels sehingga tampak bersinar dan bling-bling, bukan sekedar gaya tapi berguna karena kokoh dan bobotnya yang lebih ringan. 

Pneuamatic door dipasang di pintu penumpang, gunanya untuk mempermudah kerja dari asisten pengemudi serta untuk keamanan juga tidak terbuka sendiri saat bis sedang berjalan. Bagian interior, Scania K360IB memberikan fitur Fully-adjustable steering wheel kepada pengemudi untuk kenyamanan dalam mengemudikan armada. Bagian dashboard diberikan warna merah marun sehingga tampak lebih mewah serta penempatan panel-panel dan tombo yang tepat sehingga terlihat rapih, selain itu karpet berwarna merah menambah kesan wah dan mewah kedalam armada ini. 

Bagian audio dalam bis, Marissa Holliday tidak main-main, PO ini menyerahkan kepada bengkel audio langganannya sehingga suara didalam kabin jernih dan nyaman didengarkan. Armada ini diberikan fasilitas toilet, smoking room, bagasi atas dengan penutup, dan panoramic roof. Di bagian lighting, Karoseri Rahayu Santosa salah satu juaranya, menciptakan lampu yang tidak menyilaukan mata namun tetap terang selain itu untuk unit “Black Maroon” diberikan variasi mood lighting yang bisa disesuaikan dengan keinginan dari konsumen. Fasilitas colokan terdapat di dinding dan terdapat juga di kursi. Urusan kursi, unit ini mempercayakan kepada pabrikan Alldila model VX yang sudah disempurnakan sehingga tetap nyaman ala Alldila dan modelnya lebih menarik. Fasilitas lainnya adalah Wifi, radio untuk komunikasi, GPS, selain itu terdapat Alat Pemadam Api Ringan, alat pemecah kaca, dan Pintu darurat.

Demikian pembahasan tentang Marissa Holiday “Black Maroon” Scania K360IB New Skyliner Karoseri Rahayu Santosa, dan inilah gambarnya:








Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Marissa Holiday “Black Maroon” Scania K360IB

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.