Informasi Bis-bis di Indonesia & Dunia

Rabu, 08 Juni 2016

Karoseri Bus Yang Terkenal Di Indonesia

Ditahun 2016 ini banyak bermunculan model-model bus dengan model yang menarik dan enak jika dipandang mata. Tidak hanya menampilkan model yang menarik, bus juga menawarkan faktor kenyamanan dan kemewahan buat para penumpang.

Model atau bentuk bus yang menarik tersebut dibuat didalam negeri kecuali mesin. Tahukah anda bahwa bentuk bus tersebut dibuat oleh beberapa Perusahaan Karoseri Bus yang namanya sudah terkenal, inilah beberapa karoseri bus yang terkenal di Indonesia;


  1. KAROSERI ADIPUTRO
     Karoseri Adiputro berdiri sejak tahun 1973 dan mulai resmi berdiri di Malang pada tahun 1975 yang beralamat di Jalan Raya Bale Arjosari Nomor 35, Kota Malang, Jawa Timur Indonesia. Perusahaan telah berkembang cukup pesat, sehingga pada tahun 1994 karoseri adiputro menjalin kerjasama dengan salah satu produsen bus terbesar dan terkemuka di Jerman. Hal ini membuka pintu bagi adiputro untuk menggapai pasar Asia Tenggara. Melalui kerjasama ini para tenaga ahli adiputro dikirim untuk belajar ke Jerman untuk mencapai standar perakitan yang bertaraf International. Sejak saat itu, adiputro pun berkembang menjadi perusahaan karoseri terpercaya dan menerima pengakuan untuk kualitas bus, produk yang mereka produksi, serta memperoleh kepercayaan dari para pengusaha otobus di Indonesia. 

      
      Inilah bus-bus buatan Karoseri Adiputro:


JETBUS SET 3
SEMI HIGH DECK
SEMI DOUBLE DECKER


       2.  KAROSERI LAKSANA

    Karoseri laksana didirikan pada tahun 1967. Pada Tahun 1970 Karoseri Laksana mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga mengalami perpindahan lokasi untuk mendapatkan tempat yang luas. Beberapa divisi yang berhubungan dengan otomotif didirikan sampai tahun 1977.

Karoseri Laksana memulai tahap manufacturing untuk jenis mobil colt tipe Mitsubishi T 120-ss, yang pada waktu itu banyak permintaan untuk mobil minivan. Seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 1978 usaha perakitan body ini pindah ke Ungaran yang alamatnya berada di jalan raya Ungaran km 24,9 Ungaran dengan menempati lahan yang lebih luas lagi.

Karoseri Laksana sendiri sekarang sudah merilis banyak varian seperti, Legacy Sky, Discovery, Legacy SR-1, Maxi Bus XHD, Tourista, Sprinter, dll. Inilah salah satu varian dari karoseri laksana:


TOURISTA
MAXIBUS XHD
DISCOVERY
LEGACY SR-1

      3.  KAROSERI MORODADI

    Karoseri Morodadi Prima bermula dari sebuah kemitraan usaha yang dipimpin oleh Bapak Lie Bambang Gunawan, beliau seorang pengusaha lulusan dari Akademi Fine Arts. Pada tahun 1964, karoseri ini dibangun dilokasi pertama yang terletak Di Jalan Peltu Sujono, Malang dengan area yang relatif kecil dilengkapi dengan fasilitas sederhana, yang memproduksi bus model lama, yaitu Minibus T100 dan klasik L300.

Fasilitas minimal dan sistem operasional yang sederhana tidak menahan kemajuan perusahaan. Pada tahun 1978, perusahaan kecil ini resmi menjadi sebuah perusahaan yang independen dan diberi nama Morodadi. Morodadi mempunyai arti yaitu Kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan. Jika anda datang yang diartikan "MORO" dan mempercayai perusahaan untuk membangun kendaraan anda, dan anda akan mendapatkan produk yang berkualitas baik yang diartikan "DADI".

Lambang atau Logo singa yang terdapat pada karoseri ini diambil dari simbol yang melambangkan Kerajaan Singosari yang mempunyai arti yaitu semangat yang tinggi dan etika kerja yang baik. Pertumbuhan ekonomi Indonesia memungkinkan bagi Karoseri Morodadi berubah menjadi sebuah Perusahaan Terbatas atau disingkat PT.

Pada tahun 1993 perusahaan ini resmi berubah menjadi PT yang bernama Morodadi Prima. Rentang produk yang terus berevolusi dengan memproduksi berbagai kendaraan seperti ambulans dan mobil siaran. Spesifikasi desain dan teknologi juga berkembang, sebagaimana dapat dilihat dari produksi bus "Banteng" dan "Patriot", yang mewakili merek dagang yang kuat dan kokoh dari karoseri Morodadi Prima.

Selama lebih dari tiga dekade pertumbuhan, banyak kepercayaan telah diperoleh dari masyarakat serta pemerintah Indonesia PT Morodadi Prima terus bekerja untuk menghasilkan kendaraan yang kuat, aman, dan nyaman. Inilah salah satu varian dari Karoseri Morodadi Prima:



NEW PATRIOT II
NEW TOURISMO
NEW VENTURA
TRAVEGO

          4.   Karoseri Rahayu Santosa

          Karoseri Rahayu Santosa termasuk dalam karoseri terkenal yang berada di Indonesia. Karoseri Rahayu Sentosa didirikan pada tahun 1961 yang beralamat di Jalan Raya Bogor KM 48, Nanggewer, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Karoseri ini bermula sebagai operator bus dan dalam waktu 11 tahun memutuskan untuk membuat perusahaan manufaktur body bus pada tahun 1972. Pada tahun 1974, Karoseri Rahayu Santosa memutuskan untuk berhenti sebagai operator bus dan berfokus pada bidang manufakturing. 

Karoseri Rahayu Santosa kemudian mengembangkan bisnis lainnya di bidang seat, dengan berdirinya PT. Restindo Dayatama dan PT. Sentras Varitama yang bergerak dibidang pembuatan Fiberglass, ABS Thermoform, Insulasi, dan Box pendingin untuk kendaraan niaga.

Setiap produk Karoseri Rahyu Santosa telah memiliki sertifikat ISO 9001; 2008 sehingga sudah memenuhi standar international di bidang sistem manajemen mutu, dan Karoseri Rahayu Sentosa telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut.

Model yang dimiliki Karoseri Rahayu Sentosa terbilang sangat banyak. Salah satunya yaitu Jetliner, Millenium, Concerto, Celcius, Evolution Series (G, C, X) dan kini yang terbaru adalah skyliner, ecoline, euroliner, dan new jetliner yang bermain di bagian High Deck Bus.

Berikut adalah karya dari Karoseri Rahayu Santosa:

New Jetliner HD milik PO Efisiensi
Euroliner
Evolution series X milik PO Primajasa
Skyliner milik PO Sinar Jaya
Celcius tampilan belakang milik PO Kurnia
Celcius tampilan depan milik PO Lorena
Cityliner












Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Karoseri Bus Yang Terkenal Di Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar akan disetujui terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Terimakasih.